Kenapa Jangan Langsung Nyalakan Komputer Kantor Senin Besok? Ini Penjelasan Kemenkominfo

Hari ini (14/5) Kementerian Kominfo menyelenggarakan konferensi pers di Bakoel Koffie Cikini Jakarta.Dari beberapa media dalam dan luar negeri, telah terjadi fenomena serangan siber di beberapa negara termasuk Indonesia. Kementerian Kominfo menghimbau agar segera melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman Malware khususnya Ransomware Jenis WannaCRY.
Tahun ini (2017) sebuah jenis ransomware baru yg disebut Wannacry telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut. Saat ini diduga serangan Wannacry sudah memakan banyak korban ke berbagai negara.
Serangan siber ini bisa dikategorikan teroris siber, karena bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource. Di Indonesia serangan ditujukan ke RS. Harapan Kita dan RS. Dharmais. Serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware sebuah jenis malicious software/malware yg menyerang dg cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Oleh karena itu penting untuk melakukan serangkaian tindakan pencegahan dan juga penanganan apabila terjadi insiden.

 

Ini langkah Antisipasi serangan Malware Ransomware WannaCRY

 


1. Slmt malam teman2, akhir pekan ini telah terjadi fenomena serangan siber di bbrp negara, tmsk Indonesia, menyasar sumberdaya2 penting.
2. Apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi serangan oleh ransomware Wannacry tsb secara sederhana?
3. Sebelum nyalakan komputer/server pastikan tidak terhubung ke jaringan data/internet. Cabut kabel data terlebih dulu dan matikan wifi!
4. Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non-Windows (linux, mac) atau lakukan BACK UP (copy) data2 ke media lain.
Cegah Ancaman Malware Ransomware WannaCry Dengan Cara Ini